Cara Menolak Permintaan Tech Support Gratis

tech

Permintaan akan support gratis sering kali tidak terduga dan naluri Anda yang pertama adalah menerima tugas tersebut. Tetapi, memberi support gratis sering kali merupakan suatu komitmen penting dan bisa sangat mengganggu. Pada waktu seseorang meminta support gratis yang tidak Anda harapkan, gunakan respon berikut yang kami rangkum untuk menolak pekerjaan tersebut secara sopan dan tegas.

“Tidak ada yang bisa saya lakukan terhadap komputer ini”

Situasi ini sering terjadi pada waktu seseorang ingin menjalankan aplikasi high-end pada komputer yang murah dan kurang bertenaga. Seseorang yang baru saja membeli Pentium III seharga 400 ribu tidak ingin mendengar bahwa komputernya tidak bisa menjalankan komputer Windows XP Professional. Memang bisa saja tidak ada masalah pada waktu diinstalasi, tetapi waktu boot-nya sangat lama. Setelah masuk, sistem bisa hang karena lamanya respon aplikasi.

“Ini sedikit melebihi kemampuan saya”

Ini ibarat pisau bermata dua sehingga jarang ada support yang mau mengeluarkan kata-kata tersebut. DI satu sisi perkataan tersebut akan menutup pintu semua permintaan pekerjaan tidak resmi di masa mendatang, tetapi di sisi lain bisa mengurangi reputasi orang yang mengatakannya.

“Saya mempunyai ikatan tertentu”

Kalimat Ini agak angkuh dan tidak berlaku untuk famili dan teman. Namun, ini bisa digunakan pada situasi di mana orang menganggap Anda sebagai support teknis dengan biaya murah. Gunakan respon ini jika Anda tidak keberatan dianggap sedikit kaku oleh orang lain.

“Biaya pekerjaan ini akan mahal”

Katakan kepada user bahwa biaya pekerjaan tersebut tidak berbeda jauh dengan mengganti perangkat dan sarankan user supaya membeli sistem baru. Mudah-mudahan mereka akan menerima saran Anda, membeli komputer baru, dan tidak mengganggu Anda.

“Oke, dan Anda bisa membantu saya dengan…”

Teknik psikologi terbalik ini merupakan cara yang cocok untuk meminta balasan dari orang yang meminta support gratis. Jika tukang cat rumah ingin meminta bantuan Anda supaya melihat komputernya, minta dia untuk mengecat jendela Anda sebagai balasannya. Anda bisa menggunakan respon ini untuk berbagai macam servis, termasuk: pengubahan dapur atau kamar mandi, perbaikan mobil, perawatan kebun, dan seterusnya. Orang yang tidak mau dengan serpis yang adil dan saling menguntungkan hanya mencoba mengambil keuntungan dari niat baik Anda.

“Saya tidak boleh mengerjakan komputer pribadi pada waktu sedang bekerja”

Peminta tolong yang paling parah adalah rekan kerja yang menggunakan bagian TI sebagai sumber support gratis untuk komputer pribadi mereka. Permintaan ini bisa menjadi masalah jika perusahaan Anda tidak suka fasilitas perusahaan dan waktu digunakan untuk keperluan pribadi. Misalkan ada rekan kerja yang suka meminta bantuan kita untuk melihat komputer pribadinya, la memaksa karena komputer tersebut digunakan untuk bekerja dari rumah, dan kita harus bertanggung jawab untuk membereskan segala masalah yang disebabkan oleh orang rumahnya yang menjalankan berbagai aplikasi yang tidak jelas. Salah satu cara untuk mengatasi tipe orang semacam ini adalah dengan meneruskan permintaan tersebut ke atasan yang bersangkutan untuk mendapat persetujuan atas biaya yang mungkin dikeluarkan.

“Kenapa tidak membawanya ke langganan Anda”

Jangan lupakan support yang mencari sumber nafkah dari user rumahan. Mungkin banyak dari kita pernah bekerja di tempat serpis kecil dan mencari penghasilan dari situ tidaklah mudah. Kadang-kadang akan lebih bijaksana untuk meminta user membawa komputer ke tempat servis langganan Anda jika Anda rasa tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut. Tempat servis langganan Anda tentu berterima kasih atas usaha Anda dan mungkin menghadiahi Anda dengan diskon,

“Saya tidak bisa memperbaiki masalah tanpa CD orisinal”

Penolakan ini sangat jitu jika Anda tahu betul bahwa orang tersebut tidak mempunyai lisensi software yang valid.

“Katakan saja, tidak”

Ini merupakan penolakan sederhana yang paling jujur pada waktu menolak permintaan support gratis. Anda bahkan tidak perlu mencari alasan untuk membenarkan tindakan Anda. Anda sudah selesai bekerja pada hari itu, dan sama seperti kolega Anda, Anda juga berhak untuk menikmati waktu luang Anda. Anda tentu tidak ingin menghabiskan semua waktu Anda menangani komputer dan masalah yang mereka lakukan. Sangat menakjubkan pada waktu melihat betapa mudahnya mereka mengganggap support adalah seorang teman baik pada waktu mereka ingin pertolongan, tetapi begitu mendapat apa yang diinginkan, mereka lupa sampai waktu berikutnya mereka membutuhkan sesuatu.

 

Hati Hati Gaya Penipuan Ala Support Teknis