NOKIA 3110 EVOLVE Kecil dengan Sentuhan Alam

NOKIA 3110 EVOLVE

Ponsel ekonomis tidak berarti selalu hadir dengan desain yang kuno, bahan yang terkesan mur-ahan dan memiliki feature yang sangat terbatas. Hal ini tentu dibuktikan oleh Nokia dengan produk ponsel entry level terbarunya, yaitu Nokia 3310 Evolve.

Dengan menggunakan basis Nokia 3310 Classic, 3310 Evolve seperti sebuah evolusi dari pendahulunya. Perbedaan terlihat dari desainnya yang minimalis, mencerminkan sebuah tampilan yang elegan, tidak kaku seperti ponsel entry level lainnya.

Nokia mengklaim bahwa bahan casing yang digunakan oleh ponsel ini menggunakan materi biologis dan dapat diperbaharui. Artinya, ada kemungkinan bahwa bahan casing ponsel ini menggunakan campuran senyawa yang diproses dari tumbuhan, sama halnya seperti produsen otomotif terkenal yang sedang melakukan hal yang sama untuk jajaran produknya.

Kemasan Nokia 3110 Evolve tidak hanya sangat kecil tetapi juga terdiri dari 60 persen bahan daur ulang. Meskipun tidak dijelaskan mengapa kemasan tidak seluruhnya terbuat dari bahan daur ulang, kami akan memberikan mereka kelonggaran karena ini adalah upaya pertama Nokia. Kami berharap lebih baik di waktu berikutnya.

Di bagian belakang Evolve ada kamera 1,3 megapiksel tanpa lampu LED atau flash foto

Di dalam kotak, ada pengisi daya AC-8 yang mengurangi konsumsi energi tanpa beban – ini adalah listrik yang terbuang ketika Anda membiarkan pengisi baterai dicolokkan ke soket saat tidak digunakan. Pengisi daya seluler menggunakan daya yang sangat kecil sehingga pengukur watt kami tidak dapat mendeteksi perbedaan antara pengisi daya Evolve dan versi yang lebih lama.

Sekitar 50 persen dari casing 3110 Evolve terbuat dari bahan berdasarkan tanaman, yang menurut Nokia menggunakan 15 persen lebih sedikit energi fosil daripada menggunakan plastik berbasis minyak selama pembuatannya. Mirip dengan kemasan, kami akan digelitik hijau untuk melihat persentase lebih tinggi dari bio-material yang digunakan di masa depan.

Untuk mempertahankan status “hijau” yang diusung oleh ponsel ini, Nokia tidak menyertakan paket penjualan yang berlebihan, dan mengklaim bungkus paket tersebut terbuat dari 60% bahan daur ulang.

Nokia telah mengambil desain dasar dari 3110 Classic-nya dan menambahkan beberapa elemen yang lebih hijau ke dalam paket. Ini termasuk bio-cover yang tidak dicat yang terbuat dari lebih dari 50 persen bahan yang dapat didaur ulang, pengisi daya baru yang efisien dan kemasan yang terbuat dari 60 persen bahan daur ulang.

Tentunya, siapa pun yang berharap handset bio-degradable dan proses produksi karbon-netral mungkin akan kecewa. Tapi setidaknya Nokia mengakui perlunya kelestarian lingkungan.

Akan tetapi, run-down fitur 3110 Evolve bukanlah hal yang sederhana. Anda mendapatkan pemutar musik multi-format dan radio FM dukungan untuk ekspansi Micro SD yang dapat ditukar dan ada browser web Nokia serta Opera Mini, dan beberapa aplikasi berbasis web, termasuk WidSets dan Yahoo! Go.

Karena itu, sangat disayangkan Nokia belum memperkenalkan pesan lingkungan menggunakan salah satu ponsel yang lebih banyak menjadi berita utama, seperti N95 8GB. The 3110 Evolve bukan handset yang sangat menarik dan olahraga fitur terbatas kisaran menengah, termasuk kamera, 1,3 megapiksel dasar dan tampilan resolusi rendah yang mengecewakan. Tidak ada kemampuan 3G. Siapa pun yang mencari stereotip penghematan-sama-penghematan-hijau tidak perlu mencari lebih jauh.

Dari segi feature, Nokia 3110 Evolve dapat disetarakan dengan ponsel-ponsel lain di kelas mainstream. Pasalnya, ponsel dengan layar 128 x 160 pixel ini memiliki koneksi Bluetooth, serta slot memori MicroSD untuk interkoneksi wireless. Selain media player terintegrasi, 3110 Evolve juga memiliki radio serta kamera 1.3 Megapixel yang terintegrasi. Cukup mengagumkan mengingat ponsel ini adalah ponsel entry level dengan target harga terjangkau.

The 3110 Evolve adalah satu langkah kecil ke arah yang benar sejauh menyangkut kredensial lingkungannya. Jika Anda tergoda oleh gagasan itu, untuk uang Anda, Anda akan mendapatkan ponsel kelas menengah ke bawah tanpa ada yang luar biasa untuk ditulis di rumah tentang fitur-fitur selain dari masa pakai baterai yang baik.

Ponsel ini akan diluncurkan pada kuartal 1/2008. Meski harga belum diumumkan, ponsel ini diposisikan sebagai pendamping Nokia 3110 Classic. www.nokia.com