Tiga HDD Enclosure Terbaik Dipasaran

HDD Enclosure

A. C. Ryan AluBox ACR-HD50138

HARDDISK ENCLOSURE
Sebuah produk harddisk enclosure yang secara tampilan fisik cukup menarik untuk dilihat, dengan kombinasi warna hitam dan silver. Dimensinya memang tidak ramping, mengingat produk ini ditujukan untuk harddisk 3,5 inchi. Belum lagi dikarenakan produk ini menggunakan bahan alumunium solid, setebal 1,8 mm. Ini membuat bentuknya kokoh, ideal untuk diposisikan baik vertikal maupun horizontal, la pun juga memungkinkan untuk ditumpuk (stackable). Lampu indikator tersedia di bagian depan. Warna biru menandakan harddisk ini siap digunakan, dan pendaran warna ungu saat beroperasi.

Jenis interface terbilang cukup lengkap untuk diandalkan menjadi sebuah harddisk eksternal. Tersedia port USB, namun jika Anda belum puas dengan kecepatan transfer dari USB 2.0, maka Anda dapat memanfaatkan interface eSATA. la juga mampu mengendalikan, baik harddisk dengan interface EIDE ataupun SATA. Dan semua jenis kabel dan perlengkapan lain yang dibutuhkan tersedia lengkap pada paket penjualan, kecuali obeng.

Kinerja terbaik didapatkan dengan kombinasi harddisk SATA dan interface eSATA. Untuk mengubah interface USB atau eSATA, cukup memindahkan switch di bagian belakang.

Dengan desain fanless, namun mampu menjaga harddisk dalam temperatur yang ideal, berkat bahan alumunium yang digunakan. Jenis bahan ini cukup membantu proses pelepasan panas dari dalam harddisk enclosure ini. Namun pengerjaan bagian dalam sedikit kurang halus, dengan meninggalkan beberapa bagian yang agak tajam. Kami sarankan untuk berhati-hati saat memasang harddisk.

Sekiranya PC yang digunakan sudah memiliki interface eSATA ini, dan membutuhkan harddisk enclosure yang tidak menyebabkan penurunan kinerja harddisk, produk ini layak dipertimbangkan. Apalagi dengan bentuknya yang menarik. Meski tentunya untuk mendapatkan kinerjanya yang mengesankan ini, perlu merogoh kocek sedikit lebih dalam.

Seagate FreeAgent Go 80GB

EXTERNAL HARDDISK PORTABLE
Secara fisik, produk ini kami rasakan ideal dengan memenuhi kriteria untuk tebuah harddisk eksternal portabel. Mulai dari ukurannya yang ringkas dan desain yang menarik untuk dilihat. Tentu saja tanpa mengganggu proses pelepasan panas yang diperlukan saat beroperasi. Meskipun masih terasa hangat setelah beroperasi lebih dari 30 menit dengan tingkat utilitas tinggi, namun masih dalam batasan normal.

Lihat saja bentuknya. Dengan dominasi warna abu-abu gelap dan oranye. Warna pendaran oranye juga menjadi pertanda produk ini sudah siap beraksi. Aktivitas harddisk eksternal ini ditandai pendaran oranye yang terang-meredup. Ini membuatnya tampil beda dibandingkan dengan harddisk enclosure kebanyakan.

Untuk kemudahan penggunaan terbilang mudah. Dilengkapi dengan QID dalam salah satu kelengkapannya. Setidaknya cukup memandu sampai dapat menghubungkannya dengan PC. Sedangkan, manual lengkapnya tersedia di produk ini sendiri.

Kemudahaan penggunaan juga kami rasakan dengan aplikasi yang disertakan dalam produk ini. Ceedo memungkinkan Anda untuk membawa data dan aplikasinya dalam removable storage ini. Jadi di manapun Anda menggunakannya, dapat menggunakan aplikasi yang dibutuhkan, tanpa meninggalkan jejak di PC yang digunakan.

Setidaknya hal ini mudah dilakukan pada operating system Windows. Tampilan Ceedo sedikit banyak kami rasakan memiliki kesamaan dengan aplikasi Portable Apps.

Untuk kinerja sama sekali tidak mengecewakan. Terutama untuk transfer rate dan penilaian dengan PCMarkO4, HDD Test Suite, juga untuk tingkat penggunaan CPU usage. Kapasitas 80 GB juga cukup memadai. Produk ini akan dapat melayani penggunanya dengan baik saat digunakan di PC manapun.

Cukup mengandalkan Ceedo yang tersedia di dalamnya. Kecuali kebutuhan spesifik untuk back-up, produk ini tidak memberikan kemudahan dan keunggulan terbaik

WD My Book Premium Edition 5OOGB

EXTERNAL HARDDISK PORTABLE
Untuk external storage, Western Digital memiliki beragam varian produk. Baik dari perbedaan interface, kapasitasnya, sampai ukuran dimensi. Dan kali ini giliran WD My Book Premium Edition 500 GB.

Sesuai namanya, My Book memiliki dimensi mirip dengan buku. Demikian juga dengan bentuk fisiknya. Bahkan ia juga dimungkinkan untuk diposisikan vertikal ataupun ditumpuk horizontal layaknya sebuah buku.

Sedangkan untuk Premium Edition, ia dilengkapi dual interface, USB 2.0, dan FireWire 400. Kapasitas untuk produk yang satu ini juga terbilang besar, 500 GB. Sebagai ilustrasi, setidaknya ini akan mampu menampung hingga 57 jam rekaman DV (Digital Video) atau 300 Jam video dengan kualitas DVD, atau tidak kurang dari 90 jam video dengan kualitas HD.

Untuk kebanyakan pengguna, tentunya dimensi ini kurang ideal untuk menemani mobilitas. Tapi setidaknya, external storage berkapasitas 500 GB dengan berat tidak kurang dari 1,3 kg ini masih memungkinkan sewaktu-waktu untuk dibawa dengan mudah ke tempat lain.

Untuk itu, fungsi utamanya pun sedikit berbeda jika dibandingkan dengan beberapa varian produk yang dibahas pada edisi kali ini. Kemudahan penggunaan untuk kebutuhan backup lebih terasa, memanfaatkan aplikasi WD Backup yang tersedia. Kemudahan lain adalah ia dapat dikonfigurasikan untuk menyala otomatis, bersamaan ketika PC menyala. Ataupun fungsi Safe Shutdown, yang memastikan data tersimpan dengan sempurna, sebelum dilakuan proses shutdown. Ditambah Capacity Gauge, indikator freespace yang sangat mudah dilihat.

Google software juga membantu untuk melakukan pencarian file di produk ini. Kinerjanya sementara yang terdepan untuk sebuah harddisk eksternal, ia tetap layak dijadikan pilihan yang patut dipertimbangkan. Terutama untuk Anda yang tidak mementingkan dimensi yang ringkas dan bobot yang ringan YP